Wednesday, 24 May 2017

TRANSPORTASI DAN TRAKSI

TRANSPORTASI DAN TRAKSI


I. PENDAHULUAN
Dalam membangun suatu perkebunan Kelapa Sawit , syarat / faktor pertama yang harus diperhitungkan ialah masalah transport karena :
Hasil yang diproduksi oleh tanaman itu sendiri cukup tinggi. Produksi FFB / Ha TBS antara 20 – 30 ton
Keterlambatan pengangkutan / transportasi akan mempengaruhi proses pengolahan dan kapasitas pabrik, bila proses pengolahannya terlambat karena buah yang akan diolah tidak up-to date pemasukannya maka mutu hasil minyak yang dihasilkan di pabrik akan menurun ( FFA naik ).
Keterlambatan pengangkutan akan menyulitkan kontrol terhadap ekstraksi minyak, karena kadar air didalam buah tersebut akan turun, yang mengakibatkan BJR dan ekstrasinya turun, disamping peluang untuk hilangnya brondolan dan buah dari TPH akan lebih besar .
Untuk mempertinggi produksi Kelapa Sawit, dibutuhkan pupuk dalam jumlah yang besar.
Contoh :
Pada saat ini dalam program pemupukan telah menggunakan pupuk 5 – 6 kg / pkk, untuk mengangkut pupuk yang ribuan ton jumlahnya transport harus dikoordinir dengan rapi agar program pemupukan tersebut cepat selesai sesuai dengan schedule yang dibuat tanpa mengganggu transport buah ke pabrik.
Berdasarkan pengalaman dan setelah memperhatikan pengelolaan operasi transport di kebun – kebun kelapa sawit lainnya, kami dapat mengambil satu rumus seperti tersebut dibawah ini :
Untuk setiap 400 Ha kebun kelapa sawit , dibutuhkan satu truck untuk angkat TBS dan untuk setiap 1.000 Ha diperlukan 1 truck untuk angkutan lain – lain , dengan alasan – alasan tersebut diatas kami menganggap bahwa transport di perkebunan kelapa sawit sudah seharusnya dikelola dengan administrasi dan pengoperasian yang baik .
Melihat pentingnya transportasi di perkebunan kelapa sawit maka perawatan dan cara perbaikan kendaraan atau alat berat yang merupakan sarana transportasi harus diperhatikan sehingga kendaraan tersebut dapat berfungsi dengan baik pada saat dibutuhkan. Kegiatan traksi dapat diringkas sebagai berikut.
Merawat/ memperbaiki seluruh mesin – mesin/ alat berat/ kendaraan milik perkebunan agar selalu siap pakai untuk program – program pekerjaan penting di kebun.
Mengatur distribusi/ penempatan alat transport dan mesin – mesin lainnya ( mesin listrik, mesin air, dsb. ) ke afdeling – sesuai dengan kebutuhan ( permintaan ) kebun atau afdeling, serta membantu memonitor kegiatan operasionalnya.
Membantu tindakan perawatan/ perbaikan prasarana kebun ( jembatan, rumah karyawan dan bangunan lainnya )
Mengadakan prasarana kebun dan peralatan sesuai standart kualitas kebun.
Merencanakan persiapan suku cadang alat dan mesin – mesin dengan berpedoman pada monitoring operasional dan administrasi ( carlog, dan sebagainya ), up to date, terkendali dan tepat guna.

II. STRUKTUR, WEWENANG DAN KEWAJIBAN DALAM ORGANISASI
Bagan organisasi traksi di perkebunan biasanya terdiri dari satu orang staf traksi, yang posisinya sejajar dengan asisten afdeling dan sama – sama berada di bawah pengurus kebun ( manajer ). Staf traksi membawahi kepala tukang, kepala bengkel, mandor transport, dan krani traksi.
Fungsi manajer adalah menetapkan kebijakan sitem kerja unit traksi. Fungsi staf traksi adalah menjabarkan kebijakan manajer agar seluruh fungsi unit traksi secara tehnis, operasional dan administrasi dapat mencapai sasaran efisien dan efektif. Fungsi asisten afdeling adalah melakukan koordinasi dengan staf traksi dalam hal kebutuhan kendaraan, alat kerja atau mesin – mesin serta ikut aktif dalam pengawasan operasional dilapangan guna sasaran disiplin, efektif, efisien dan administrasi yang up to date.
Wewenang dan kewajiban staf serta karyawan traksi harus jelas agar pekerjaan traksi dan transportasi dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Deskripsi wewenang dan kewajiban utama mereka sebagai berikut.
1.      Staf Traksi
  • Melakukan pengawasan/ pemeriksaan kehadiran seluruh petugas traksi ( mandor transport dan seluruh operator, kepala bengkel dan seluuruh mekanik, kepala tukang dan seluruh tukang, krani ) pada pukul 06.00 WIB.
  • Memeriksa kesesuaian perawatan alat transport ( pemeriksaan rutin : oil engine, air radiator, accu battery, minyak rem, dan lain – lain ) sebelum alat kendaraan start atau dioperasikan bersama sopir dan mandor transport.
  • Memeriksa kelengkapan data inventaris alat perlengkapan sesuai kartu perkakas setiap alat transport ( kunci roda, ban serep, dongkrak, sekop, cangkul dan sebagainya ).
  • Memeriksa kelengkapan pengisian buku tugas harian masing – masing transport ( sudah terisi dengan baik dan dapat dipahami sopir/ operator ) serta memeriksa carlog ( sudah terisi dengan baik dan up to date )
  • Menilai/ memonitor kelancaran angkutan, terutama produksi, sesuai dengan jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk setiap afdeling, termasuk memantau keadaan pasar dan titi jalan motor.
  • Sore hari, pukul 17.00 – 20.00 WIB, membantu mandor transport mengatur penugasan msing – masing transport, berdasarkan keperluan permintaan dari setiap afdeling agar lebih efisien.
  • Membuat catatan situasi penyimpangan – penyimpangan dalam buku rekapitulasi perjalanan alat transport, disertai pembuatan petunjuk mengatasinya setelah berkonsultasi dengan manajer pada kesempatan pertama.
  • Membantu/ memeriksa krani transport dalam kewajiban harian sebagai petugas administrasi, baik administrasi transoprt, suku cadang, perawatan, biaya dan lain – lain untuk menghindari penyimpangan data, keterlambatan laporan dan sebagainya.
  • Menetapkan tugas harian atau rencana kerja harian kepala bengkel dan kepala tukang beserta pekerjanya dalam papan kerja harian, memeriksa hasil pekerjaan, serta memberikan petunjuk dan mengatur tata letak bengkel untuk kemudahan dan keleluasaan dalam bekerja.
  • Mengawasi kebersihan lingkungan dan keamanan unit transport, perbengkelan dan pertukangan.
  • Memeriksa kelancaran kendaraan penumpang dan operasional alat berat yang secara khusus operasionalnya di lapangan diawasi oleh asisten atau askep.
2.      Kepala Bengkel
  • Melaksanakan garis instruksi kerja sesuai dengan rencana kerja harian yang ditetapkan oleh staf traksi,
  • Mengatur tukang bengkel, sesuai dengan profesi atau tingkat ketrampilan masing – masing. Hal tersebut perlu ditetapkan melalui daftar khusus penanggung jawab setiap servis mesin ringan ( sepeda motor dan mesin – mesin lain), kendaraan penumpang ( jip solar/ diesel, pool, bus, ambulance ), alat angkutan truk dan alat berat, serta pembuatan alat pertanian ( tukang besi ). Selain itu, kepala bengkel secara khusus memonitor dan mengawasi prestasi dan kualitas kerja.
  • Menetapkan petugas khusus ( anggota bengkel ) yang bertanggung jawab sebagai pelaksana doorsmeer alat transport, jangan sekali – kali dilimpahkan kepada kenek motor saja.
  • Mengadakan pemeriksaan akhir servis kendaraan bersama – sama staf traksi dan mengisi daftar isian pemeriksaan.
  • Bersama staf traksi mengatur tata ruang bengkel agar setiap ruang dapat memberikan jaminan keamanan pengawasan, keamanan spare part/ suku cadang yang dipersiapkan untuk disempurnakan kembali, membantu memeriksa/ memesan kebutuhan suku cadang, serta melarang adanya kanibalisme di bengkel,
  • Mengatur kebersihan dan keamanan bengkel, terutama menjaga ketertiban lalu – lintas pekerja/ orang lain yang tidak berkepentingan dalam lokasi bengkel.
3.      Mandor Transport
  • Mengatur dan memeriksa seluruh alat transport agar pada pukul 06.00 WIB seluruh armada transport sudah siap beroperasi,
  • Memeriksa keadaan alat transport bersama sopir/ operator yang bersangkutan tanpa menghambat keseluruhan operasional pekerjaan menugaskan perbaikan alat transport dengan segera bila diketahui tidak layak dioperasikan. Selain itu, mandor transport memberikan laporan langsung kepada staf traksi pada kesempatan pertama,
  • Mengatur pelaksanaan harian doorsmeer, reparasi dan penugasan harian setiap alat transport melalui buku tugas harian,
  • Memeriksa pengisian carlog secara up to date dan benar, menyelesaikan hambatan secara tuntas setiap kejadian di lapangan, serta tetap memberikan laporan kepada staf traksi pada kesempatan pertama,
  • Setiap hari membuat catatan permasalahan transport, antara lain kebutuhan dan pesanan suku cadang, sebab keterlambatan, atau penyimpangan dan sebagainya. Semua permasalahan tersebut tercatat dalam buku rekapitulasi perjalanan alat transport,
    • Mengawasi kelancaran angkutan produksi harian dan lain – lain, termasuk brondolan di TPH, buah jatuh di jalan, serta selalu memantau buah tinggal melaui peta potong buah harian,
    • Bertanggung jawab terhadap keamanan dan penggunaan kendaraan, peralatan, dan perlengkapan transport.
    4.      Kepala Tukang
    • Melaksanakan garis instruksi kerja sesuai dengan rencana kerja harian yang ditetapkan oleh staf traksi,
    • Mengatur tenaga kerja tukang batu dan tukang kayu sesuai dengan profesi atau tingkat ketrampilan masing – masing pekerja. Hal tersebut perlu ditetapkan melalui daftar khusus penanggung jawab setiap perbaikan prasarana ( jembatan dan lain – lain ) maupun bangunan ( rumah karyawan, bangunan kerja dan lain – lain ),
    • Memeriksa ketersediaan bahan bangunan ( semen, pasir, paku dan sebagainya ) agar tidak terjadi kekurangan/ kehabisan bahan pada saat pelaksanaan pekerjaan,
    • Mengadakan pemeriksaan akhir perbaikan prasarana dan bangunan bersama – sama staf traksi dan mengisi daftar isian pemeriksaan.
    5.      Krani Traksi
    • Memeriksa rutin ijin kendaraan ( STNK ), memberikan perhatian khusus pada masa berlaku, serta memeriksa kendaraan ( kir ),
    • Memeriksa, membuat file/ copy SIM setiap sopir/ operator, dan memberikan  perhatian khusus terhadap masa berlaku,
    • Mengisi buku riwayat kendaraan secara up to date, mengisi buku rekapitulasi pemakaian bahan bakar, oli, dan oli bekas. Mencatat semua suku cadang yang dipakai pada masing – masing file kendaraan dan sebagainya,
    • Meneliti dan membuat bon suku cadang serta mengajukan pesanan suku cadang dengan terlebih dahulu memeriksa stok suku cadang di gudang sentral,
    • Mengisi buku rekapitulasi carlog serta memeriksa kewajaran pengisian tonase angkutan dalam hal jumlah trip dan volume diangkut,
    • Mengisi buku rekapitulasi mobil penumpang,
    • Mempersiapkan buku premi angkutan, yang disahkan staf traksi dan dikirim ke afdeling pada setiap awal bulan setelah tutup buku,
    • Mengisi laporan statistik transport, kapasitas angkutan dna pemakaian biaya rata – rata setiap bulan,
    • Membuat laporan bulanan transport alat berat dan mesin – mesin lain dilengkapi dengan ulasan singkat dan jelas menyangkut keadaan nyata selama operasional,
    • Membuat rekapitulasi perjalanan harian alat transport sesuai dengan tenaga operasional di lapangan,
    • Mendata, membuat inventaris, menyusun dalam rak/ lemari atas suku cadang bekas pengganti yang masih mungkin digunakan kembali atau untuk contoh pesanan suku cadang.
    6.      Sopir/ Operator
    • Setiap pagi sebelum kendaraan dihidupkan, sopir harus memeriksa :
    • Kendaraan ( air pendingin mesin/ radiator, oli mesin, air batery, minyak rem, tali kipas dan lain – lain ),
    • Alat inventaris ( kunci roda, ban serep, dongkrak, sekop, cangkul dan lain – lain ), serta
    • Administrasi ( buku tugas harian, carlog dan lain – lain )
    • Memastikan kendaraan harus sudah mulai bergerak menuju lokasi yang telah ditentukan sesuai buku tugas pada pukul 06.00 WIB. Catatan : memahami, mengerti dan hanya melaksanakan setiap perintah penugasan di buku tugas.
    • Memastikan bahwa seluruh angkutan lain – lain di divisi harus sudah selesai pukul 08.00 WIB dan segera menuju ke tempat pemotongan buah,
    • Melaksanakan pengangkutan buah dengan memperhatikan beberapa hal berikut,
    •       Brondolan harus bersih di TPH,
    •       Muatan tidak melebihi kapasitas angkut yang telah ditentukan,
    •       Wajib memuat buah yang jatuh di jalan kebun,
    •       Tidak ada buah restan di lapangan,
    •       Tidak menjalankan kendaraan dengan kecepatan tinggi ( ngebut ).
           Melaksanakan pengangkutan lain – lain dengan memperhatikan hal berikut,
    • Peletakan barang dilokasi tujuan hendaknya telah dilakukan dengan benar ( pupuk di tempat – tempat yang sudah di beri tanda, bibit diatur rapi dan tidak rebah, janjang kosong tidak menutupi dan sebagainya ),
    •  Volume barang yang dikirim/ dimuat harus sama dengan yang diletakkan di tujuan, sesuai dengan SPB ( Surat Pengantar Barang )/ tanda terima,
    • Mengisi carlog secara benar dan tepat waktu, sesuai pekerjaan yang dilakukan,
    • Melakukan pencucian kendaraan pada sore hari bila waktu masih memungkinkan ( antara pukul 18.00 – 19.00 WIB ), tanpa harus menunggu perintah dari mandor transport / asisten,
    • Menjaga dan merawat kendaraan, termasuk kelengkapan peralatan/ accessories sesuai aslinya dan dilarang memasang accessories tambahan tanpa seijin pihak manajemen,
    • Bertanggung jawab penuh terhadap kemungkinan  kendaraan rusak/ kepater, terlebih bila disebabkan oleh faktor kelalaian pengemudi/ sopir, sampai kendaraan tiba kembali ke garasi/ traksi.
    III. SISTEM KERJA
    1.      Mekanisme Kerja Servis Maintenance ( Perawatan Mmingguan )
    Perawatan mingguan adalah perawatan dasar yang mutlak bagi setiap unit kendaraan. Tujuannya untuk memonitor secara terus – menerus kondisi alat sehingga kerusakan dapat diantisipasi sejak dini. Tanggap terhadap kerusakan kecil akan terhindar dari kerusakan yang lebih besar. Dalam servis ini, yang harus diperhatikan secara khusus yaitu kendaraan harus bersih bila masuk bengkel.
    Servsi kerusakan dilakukan apabila terjadi kerusakan kendaraan/ alat berat/ mesin – mesin secara insidental ( tidak terduga ), misalnya seal water pump bocor, disc clutch rusak, pecah bearing dan kerusakan bagian lainnya.
    Perhatikan jadwal top overhaul atau general overhaul. PP suku cadang harus sudah diajukan pada saat alat/ kendaraan/ mesin – mesin menjelang usia overhaul ( antisipasi proses realisasi PP ). Ketelitian dan kebersihan dalam pelaksanaan overhaul mutlak harus dijaga, disamping kemampuan teknik mekanik yang cukup memadai.
    2.      Tehnis Pelaksanaan Kerja
    Tehnis pelaksanaan kerja menuntut detial dan pelaksanaan yang berbeda antara perawatan rutin, penggantian suku cadang yang sesuai jadwal  dan overhaul.
    a.     Perawatan/ maintenance (doorsmeer )
    Perawatan kendaraan, alat berat, dan mesin – mesin penunjang perlu diperhatikan sedini mungkin agar tidak terjadi kerusakan mendadak atau cepatnya keausan komponen yang bergesekan. Banyak hal yang perlu dilakukan dalam mengantisipasi kerusakan antara lain pemeriksaan/ perawatan setiap hari yang dilakukan oleh operator/ sopir. Perawatan/ pemeriksaan kendaraan, alat berat, dan mesin – mesin sebelum dijalankan rikhendaknya dilakukan setiap hari. Perawatan/ pemeriksaan tersebut antara lain sebagai berikut.
    1. Periksa seluruh permukaan oli sebelum mesin dinyalakan/ dihidupkan,
    2. Periksa air battery beserta kabel – kabelnya,
    3. Periksa air radiator,
    4. Periksa ketinggian/ sistem rem,
    5. Periksa jarak/ sistem kopling/ klos,
    6. Periksa sistem kelistrikan/ instrumen panel/ lampu – lampu,
    7. Periksa ketegangan tali kipas,
    8. Periksa tekanan angin ban,
    9. Periksa seluruh baut – baut untuk menghindari adanya baut yang hilang atau longgar,
    10. Periksa kelayakan fungsi dump/ sistem hidrolik,
    11. Nyalakan mesin dengan putaran rendah dan perhatikan kelainan suara pada mesin,
    12. Periksa kebocoran – kebocoran oli,
    13. Lakukan pemeriksaan keliling sebanyak 2 kali sebelum alat dijalankan.
    b.     Jadwal penggantian
    Jadwal penggantian suku cadang perlu diperhatikan waktunya. Kelalaian penggantian suku cadang yang berhubungan langsung dengan mesin dapat berakibat fatal dan merusak komponen – komponen lain ( mempercepat keausannya ).
    Dalam perawatan/ penggantian suku cadang, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari sopir/ operator antara lain sebagai berikut.
    1. Pembersihan air cleaner ( saringan udara ) sebaiknya dilakukan setiap hari atau minimum 2 hari sekali,
    2. Pemberian gemuk atau pispot dilakukan 1 kali seminggu atau setiap 50 – 60 jam operasi,
    3. Pemeriksaan bearing roda dan bearing king pin dilakukan 1 kali seminggu,
    4. Pengisian BBM sebaiknya diisi penuh setelah selesai beroperasi ( sore hari sebelum parkir ). Hal ini bertujuan untuk menghindari ruang kosong dalam tangki bahan bakar agar tidak terjadi penguapan atau pengembunan,
    5. Pembersihan alat sebaiknya dilakukan setiap hari setelah dioperasikan,
    6. Pemeriksaan tie rod, profeller shaft, dan lain – lain dilakukan saat melakukan jadwal servis.
    c.     Top overhaul
    Top overhaul dilakukan pada saat mesin mulai berasap, oli mesin berkurang mencapai 2 liter hingga saat akan dilakukan penggantian oli berikutnya, dan terdapat beberapa kebocoran pada bagian gasket/ packing.
    Sementara yang dimaksud engine overhaul adalah perbaikan pada bagian – bagian tertentu saja seperti pada engine, transmisi, gardan, hydrolic, under carriege ( alat berat ) dan sebagainya.
    d.     General overhaul
    General overhaul adalah perbaikan alat/ unit secara total ( untuk alat berat yang berumur antara 10 – 12 tahun ). Biaya yang diperlukan juga cukup mahal dan biasanya dilakukan bila alat berat/ kendaraan tersebut sudah tidak efektif lagi bila dioperasikan.
    Pada kondisi ideal, jadwal overhaul beberapa jenis kendaraan/ alat berat/ mesin adalah sebagai berikut.
    Tabel 1. Jadwal Overhaul Beberapa Jenis Kendaraan/ Alat Berat/ Mesin
    Jenis alat
    Undercarriage Overhaul
    Top Overhaul
    Engine Overhaul
    General Overhaul
    Kendaraan ringan
    75. 000 Km
    125. 000 Km
    225. 000 Km
    300. 000 Km
    Truk/ dump truck
    50. 000 Km
    125. 000 Km
    225. 000 Km
    250. 000 Km
    Alat berat/ mesin
    4. 000 Jam
    6. 000 Jam
    10. 000 Jam
    20. 000 Jam

     IV. ADMINISTRASI   TRANSPORT
    Bagan organisasi traksi di perkebunan biasanya terdiri dari satu orang staff traksi, yang posisinya sejajar dengan Asisten Afdeling dan sama-sama berada di bawah pengurus kebun ( manajer ). Staf traksi membawahi kepala tukang, kepala bengkel, mandor transport dan krani traksi.
    Fungsi manajer adalah menetapkan kebijakan sistem kerja unit traksi. Fungsi staf traksi adalah menjabarkan kebijakan manajer agar seluruh fungsi unit traksi secara tehnis, operasional dan aministrasi dapat mencapai sasaran efektif. Fungsi asisten afdeling adalah melakukan koordinasi dengan staf traksi dalam kebutuhan kendaraan, alat kerja atau mesin - mesin serta ikut aktif dalam pengawasan operasional di lapangan guna sasaran disiplin, efektif, efisien dan administrasi yang up to date.
    Wewenang dan kewajiban staf serta karyawan traksi harus jelas agar pekerjaan traksi dan transportasi dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.
    Suatu organisasi atau usaha akan berjalan  baik bila dikelola dengan administrasi yang baik dan teratur. Oleh karena itu organisasi transport yang sudah mempunyai anggaran / budget tahunan harus dikelola  dengan administrasi yang baik agar rencana pemakaian anggaran tahunan tersebut dapat diketahui setiap akhir bulan pelaksanaan    penggunaannya .
    1. Administrasi transportasi ini langsung dikelola oleh Afdeling Traksi, meliputi jenis pengelolaan pengeluaran BBM, perawatan loco, mobil gerobak, traktor roda, mobil bus sekolah, excavator dan graeder .
    2. Pembukuan biaya untuk transport ini ialah pada nomor perkiraan 41106 dan 41107 seperti :
    1. Spare -  part
    2. Bahan -  bahan minyak  /  pelumas
    3. Ban
    4. Gaji, premi dan lembur tukang
    5. Gaji, dan premi supir, kenek dan mekanik
    6. Gaji dan premi transport pekerja ( bongkar muat )
    1. Semua biaya yang tersebut diatas akan dicatat dalam satu buku folio yang diberi nama ”Buku Uraian Biaya Perjalanan Kendaraan”, tiap kendaraan masing – masing mempunyai   buku tersebut .
    2. Uraian perjalanan alat pengangkutan atau lebih lazim dinamakan car-log, tercatat dalam buku uraian biaya   perjalanan  kendaraan .
    3. Selanjutnya  Op-tr-01 ( Oil palm transport 01 ) dimasukan dalam   formulir Op-tr-02, Op-tr-04 dan terakhir  dalam Op-tr-05. Dalam Op-tr-05 telah dapat diketahui biaya pengangkutan: Rp/Ton FFB,  Rp/Jam  dan  Rp/Km.
    4. Semua Op-tr ini disimpan dalam map, dimana masing – masing kendaraan mempunyai map sendiri.
    5. Sebagai alat kontrol terhadap biaya dan kapasitas dari masing –masing jenis angkutan, dicatat pada papan tulis / yang tergantung di  kantor  traksi .
    6. Selain dari op-tr diatas, ada beberapa Op-tr lagi yang dianggap   perlu untuk mengkontrol pelaksanaan transpot ini seperti :
    • A- Opr-204                 -    Pemakaian BBM  /  Pelumas
    • B-  Op-tr-06                -    Alat – alat pengangkutan  /   pengolahan  
    •                                           tanah
    • C- Op-tr-07                -    Formulir taksasi  buah dari Afdeling
    • D- Op-tr-08                -    Laporan   produksi  kepada   pengurus
    • E-  Op-tr-09                -    Daftar pemasukan buah /  jam
    • F-  Op-tr-10                -    Laporan situasi pengangkutan buah
    1. Untuk mengetahui penggunaan pemakaian BBM setiap kendaraan angkutan TBS dibuat satu daftar harian untuk satu bulan yang mencatat kapasitas dan penggunaan  BBM .
      Contoh  :
        Tgl
    Ton FFB
    Liter BBM
    FFB / BBM
    Hari ini
    S /D
    Hari ini
    S / D
    Hari ini
    S / D















    V. HUBUNGAN  TRANSPORT  DENGAN  PENGOLAHAN   DI  PABRIK
    Transport buah / TBS merupakan mata rantai dari tiga proses kegiatan di perkebunan Kelapa Sawit yaitu perawatan, panen dan pengangkutan. Ada empat hal yang menjadi sasaran kelancaran transport buah, yaitu :
    1. menjaga agar ALB ( asam lemak bebas ) produksi harian 2 – 3 %,
    2. kapasitas atau kelancaran pengolahan di pabrik,
    3. keamanan TBS di lapangan,
    4. biaya (Rp/Kg TBS) transport yang minimum
    Faktor yang mempengaruhi kelancaran transport buah meliputi :
    1. Organisasi Potong Buah
    Pusingan potong buah dijaga antara 6 – 8 hari sehingga persentase brondolan terhadap janjang maksimum 7 – 9%. Hal ini perlu agar tidak terlalu banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengangkat brondolan dari TPH ke kendaraan. Diusahakan agar satu seksi selesai dipotong dalam satu hari, artinya sedapat mungkin dihindari pengulangan panen yang.
    1. Bentuk / Pola Jalan
    Jalan – jalan buntu ( tidak tembus ) diminimumkan dan sebaiknya tidak ada. Pada areal yang berbukit maka diusahakan jalan dibangun di kaki bukit, bukan di atas bukit.
    1. Kondisi / Perawatan Jalan
    Faktor utama kelancaran transport yaitu kondisi perawatan jalan itu sendiri, bukan kurangnya unit transportasi. Merupakan gejala umum di perkebunan selama ini, waktu yang disediakan perusahaan untuk road grader banyak digunakan untuk menarik kendaraan yang kepater karena kerusakan jalan. Sebaiknya pemanfaatan road grader seperti ini harus dihindari atau ditiadakan, road grader hanya untuk membentuk dan merawat jalan.
    1. Jenis / Tipe Alat Transport
    Pemilihan jenis atau tipe alat transport yang akan dipakai disuatu perkebunan didasari oleh faktor jarak afdeling/ blok dengan pabrik. Berikut adalah tabel pemilihan transport.
    Jarak Blok – PKS (Km)

    Langsung atau tidak langsung ke PKS
    Jenis/ Type Kendaraan

    Kapasitas (ton/ hari)
    TBS

    Lain – lain

    < 6
    Langsung
    Wheel tractor dengan trailer hidrolik ( kap. 5 ton )
    20 - 30
    5 – 10
    6 – 12
    Langsung
    Dump truk ( kap. 5 – 6 ton )
    20 - 35
    5 – 10





    > 12





    Tidak langsung
    Wheel tractor dengan trailer hidrolik (kap. 5 ton)

    20 - 30
    5 - 10
    Dump truk
    (kap. 5 – 6 ton)


    Tergantung jarak
    Truk biasa
    (kap.7 – 10 ton)

    Tergantung jarak
    1. Kondisi / Perawatan Alat Transport.
    Perawatan alat – alat transport seringkali merupakan titik lemah yang disebabkan oleh banyak faktor, terutama akibat kurangnya pengetahuan tehnis. Selain itu, kepedulian para staf, terutama Asisten Afdeling sangat berpengaruh. Aspek – aspek yang kurang mendapatkan perhatian yaitu :
    1. lemahnya pengetahuan tehnis karyawan di bengkel,
    2. kurang disiplinnya jadwal maintenance,
    3. muatan ( tonase ) kendaraan yang berlebihan,
    4. pengetahuan tehnis sopir yang minim,
    5. kondisi jalan yang tidak memadai,
    6. Transport TBS sampai larut malam,
    7. sistem premi transport yang kurang menarik, dan beberapa hal lainnya.
    VI.  ORGANISASI PENGOPERASIAN ALAT – ALAT TRANSPORT
    Perlunya dihayati bahwa penyediaan kendaraan ( truk dan wheel traktor )oleh perusahaan di perkebunan kelapa sawit terutama untuk transport TBS dan untuk angkutan lainnya.
    Apabila semua pekerjaan dikelola dengan baik dan kebun sudah mapan maka persentase pemakaian kendaraan untuk angkutan buah ( TBS ) 75 – 80 % dan untuk angkutan lain – lain ( pupuk, karyawan, bibit dan lain – lain ) 20 – 25 %. Oleh karena itu, penentuan kebutuhan jumlah kendaraan per afdeling, terutama ditentukan oleh jumlah produksi TBS per hari.
    Efisiensi pengoperasian alat – alat transport akan maksimum apabila memperhatikan hal berikut.
    • Setiap hari asisten merencanakan tonase produksi dan angkutan lain – lain untuk besok setiap sore hari. Realisasi produksi tidak boleh terlampau jauh menyimpang dari taksasi, maksimum 2 %. Hal ini perlu diperhatikan dalam rangka penentuan jumlah kendaraan oleh mandor transport atau staf traksi,
    • Angkutan pupuk per trip minimal 5 ton.
    • Angkutan pupuk dan angkutan lain – lain sudah harus selesai paling lambat pukul 08.30 WIB agar saat itu juga buah sudah diangkat.
    • Sopir dan kenek harus membawa ”bontot” dan tidak dibenarkan pulang untuk makan dan minum.
    • Jadwal ”doormeer” harus benar – benar dilaksanakan. Untuk hal ini perlu tetap tersedia 1 – 2 unit kendaraan untuk menggantikan  kendaraan yang sedang doormeer atau direparasi tersebut. Sebelumnya sopir harus mencatat dan melaporkan kerusakan saja yang perlu diperbaiki.
    • Jangan dibiasakan mentolerir adanya buah restan ( tinggal ) di lapangan ( TPH ),
    • Kapasitas setiap kendaraan harus semaksimal mungkin. Oleh karena itu, apabila TBS suatu afdeling sudah habis dari lapangan lebih cepat dari biasanya maka harus pindah ke afdeling lain yang transportasinya mengalami kendala,
    • Jangan ada gerak kendaraan yang tidak efesien,
    • Pengisian BBM setiap hari sudah harus selesai pukul 06.00 WIB.

    VII.  SITEM PREMI TRANSPORT
    Tujuan premi transport adalah meningkatkan mobilisasi angkutan kebun agar lebih murah. Disamping itu, premi transport memudahkan pengawasan operasional. Sistem premi transport juga meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab sopir/ operator/ kenek tentang pentingnya fungsi alat transport dalam mendukung operasi pendukung perusahaan serta pentingnya pemeliharaan alat transport. Dengan begitu, usia pakai ( life time ) alat akan meningkat dan losses TBS/ brondolan di jalan kebun/ TPH dapat ditekan atau dihindari.
    1.      Ketentuan Premi
    Dasar perhitungan premi transport adalah kapasitas harian yang dicapai oleh kendaraan angkutan sebagai berikut ;
    Tabel Dasar Perhitungan Premi Transport
    Jarak
    Truk/ Dump Truk
    Wheel Tractor
    Div – PKS (Km)
    Kapasitas normal
    Borong TBS*
    Lebih borong
    Kapasitas Normal
    Borong TBS*
    Lebih borong
    TBS
    Lain-lain
    Total
    lain-lain
    total
    TBS
    Lain-lain
    Total
    Lain-lain
    total
    0-5
    45
    5
    50
    15
    30
    5
    35
    5
    40
    12
    23
    5
    6-10
    35
    5
    40
    12
    23
    5
    25
    5
    30
    10
    15
    5
    11-15
    25
    5
    30
    10
    15
    5
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    16-20
    20
    5
    25
    8
    12
    5
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    20
    18
    5
    23
    6
    12
    5
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    *ketentuan ini mutlak harus berdasarkan uji coba di lapangan serta melihat kondisi dan situasi jalan ( topografi, jenis tanah mineral/ gambut, lebar jalan, arah lurus atau berbelok, dan lain – lain ), jenis alat angkut, serta kapasitas trailer.
    • Premi transport berlaku untuk angkutan TBS dan angkutan lain – lain,
    • Seluruh angkutan dikonversi ke dalam sataun ton,
    • Basis borong dinas ditentukan dalam angkutan ton TBS,
    • Untuk hari libur, seluruh angkutan tanpa basis borong dinas,
    • Tonase TBS dibawah basis diperkirakan sebagai angkutan lain – lain,
    • Untuk hari Jum’at, basis borong dinas sebesar 5/7 x borong dinas hari biasa dan premi dibayar seperti hari biasa,
    • Operator/ sopir dibantu oleh 3 orang kenek atau kurang, tergantung kebutuhan pekerjaan yang dilakukan.
    2.      Sanksi/ Denda
    Sanksi/ denda diberlakukan apabila :
    • Brondolan tidak bersih di TPH,
    • Kelebihan muatan,
    • Tidak memuat atau mengambil TBS yang jatuh di jalan,
    • Buah tinggal bukan karena faktor alam,
    • Tidak mengisi carlog tepat pada waktunya dan tidak memelihara kendaraan serta inventaris alat perlengkapan, dan
    • kendaraan rusak/ kepater dalam blok yang disebabkan oleh kesengajaan/ kelalaian sopir/ operator.
    ADMINISTRASI TRANSPORT
    Sistem transport yang telah diatur dengan baik memerlukan sarana administrasi yang baik pula untuk memonitor efektivitas dan efisiensinya. Agar tujuan yang dimaksud dapat dicapai, diperlukan pengetahuan dan ketelitian personil dalam membaca angka – angka/ data indikator penyimpangan dan kemajuan kerja. Secara garis besar, administrasi transport dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu sebagai berikut.
    1.      Administrasi Alat Kerja dan Mesin
    Administrasi ini harus ada di setiap kendaraan/ alat berat/ mesin dan disimpan rapi di map khusus. Staf traksi, asisten afdeling, dan manajer harus sering melakukan pemeriksaan terhadap fisik kendaraan/ alat berat/ mesin – mesin. Administrasi ini terdiri dari :
    • Buku instruksi kerja,
    • Daftar perjalanan/ carlog,
    • Kartu perkakas kendaraan, dan
    • Jadwal servis.
    2.      Administrasi Bengkel Kantor Traksi ( papan kerja )
    Administrasi ini berbentuk papan kerja yang dipasang di bengkel/ kantor traksi dengan tulisan yang cukup besar dan mudah dibaca, terdiri dari :
    • Rencana kerja harian traksi,
    • Peringatan keselamatan kerja ( pamflet – pamflet tehnis ),
    • Jadwal doormeer dan servsi kendaraan, alat berat serta mesin – mesin,
    • Daftar hasil kegiatan harian ( bangunan, alat panen, titi panen dan sebagainya ),
    • Daftar reparasi/ periksa per jenis alat,
    • Daftar/ peta situasi kondisi infrastruktur prasarana, jalan, jembatan, seksi panen dan buah restan.
    3.      Administrasi Kantor
    Administrasi yang terdapat di kantor traksi mengikuti bagan alir, Administrasi tersebut terdiri dari :
    • Riwayat kendaraan ( tahun kendaraan, tahun pakai, maintenance, overhaul dan sebagainya ),
    • Kartu perkakas,
    • Buku permintaan kendaraan afdeling,
    • Uraian perjalanan angkutan/ carlog ( premi ),
    • Kartu kerja kendaraan ( lembur ),
    • Perincian pengangkutan,
    • Rekapitulasi angkutan setiap kendaraan,
    • Absensi harian operator/ pengemudi dan kenek per jenis alat,
    • Rekapitulasi perkiraan biaya per jenis angkutan ( upah dan bahan per bulan ),
    • Laporan bulanan pemakaian BBM ( bensin, solar, pelumas, hidrolik dan sebagainya ),
    • Running account,
    • Perincian biaya operasi alat berat dan mesin pompa.
    Kapasitas   pengolahan buah, sangat tergantung   kepada kapasitas pemasukan  buah ke pabrik.  Tetapi juga ada sebaliknya , kecepatan pemasukan buah yang continue ke pabrik ditentukan oleh lancarnya pengolahan itu sendiri, atau dengan kata lain, in-put buah ke pabrik, harus selaras dengan out-put lori kosong dari pabrik   kelapangan.
    Jadi untuk memperoleh kapasitas yang 45 – 50 ton / jam, kebun harus memasukan  20 – 22 lori / jam . Untuk menjaga     kontiunitas pemasukan selanjutnya, pabrik sendiri juga harus  mengeluarkan 20 – 22 lori / jam .
    Hal – hal yang harus dijaga / dipelihara untuk tercapainya kapasitas yang dimaksud ialah :
    1. Loko yang menarik lori buah harus dijaga  / dirawat dengan  baik
    2. seksi / lori panen harus dalam keadaan sempurna .
    3. Mengisi buah kedalam lori harus teratur, mulai dari memasukannya dituangan berat ± 2.300 kg / lori .
    4. Jangan diisi terlalu penuh ( meninggi / melewati bibir samping lori) agar jangan sangkut masuk dipintu dan mencegah pergesekan ( frietion ) dengan dinding rebusan sendiri.
    5. Jalan rail, weselan – weselan menuju rebusan dan rail didalam rebusan sendiri harus dalam kondisi baik .
    6. Petugas dibawah Hoist crane harus teratur agar pengangkutan / transport buah ke dalam dan keluar rebusan dapat lancar. Untuk kelancaran ini juga perawatan seksi lori rebusan sangat penting .
    7. Buah dari kebun harus masuk ke pabrik sebelum jam 12.00 Wib
    8. Loko yang melangsir lori kosong harus tetap siap pakai, agar lori buah yang menuju Hoist crane jangan terhalang masuknya.
    Dalam situasi produksi panen diatas 600 ton / hari, buah harus sudah masuk ke pabrik sebelum jam 12.00 Wib agar pengolahan dapat dimulai pada jam 12.00 Wib. Bila hal – hal tersebut diatas dapat dijaga secara konsisten, pengolahan buah dapat diselesaikan pada jam 03 – 04 pagi. Dampak positip bila pengolahan selesai jam 03 subuh ialah :
    • Pekerja tidak sempat mengantuk                                                              
    • Mesin – mesin pengolahan berkurang jam kerjanya
    Penghematan BBM waktu cukup untuk reperasi besok   harinya                


Manajemen Pemeliharaan




Pemeliharaan (Maintenance) ialah suatu kegiatan yang dilakukan secara sengaja (sadar) terhadap suatu fasilitas dengan menganut suatu sistematika tertentu dengan tujuan agar fasilitas tersebut dapat berfungsi, beroperasi dengan lancar, aman, efektif dan efisien.
Jadi kegiatan pemeliharaan itu bukanlah pekerjaan yang ala kadarnya, bukan pekerjaan yang asal-asalan, tetapi pekerjaan yang perlu perencanaan , pembiayaan dan kesungguhan.
Pemeliharaan Pencegahan (Preventive Maintenance) ialah pemeliharaan yang dilakukan agar fasilitas / mesin / peralatan terhindar dari laju kerusakan yang cepat (tidak wajar)
Perbaikan (Corective Maintenance) ialah pemeliharaan yang dilakukan apabila terjadi kerusakan untuk mengembalikan mesin / peralatan pada kondisi semula.
Pemeliharaan Darurat (Emergency Maintenance) ialah pemeliharaan yang dilakukan di luar program pemeliharaan kerena terjadi sesuatu yang emergency (kecelakaan).
Biasanya pemeliharaan darurat itu adalah perbaikan-pebaikan kerena kecelakaan yang  akan mengakibatkan kerusakan-kerusakan dan biasa disebut perbaikan darurat
Pra Pemeliharaan (Pre-maintenance) ialah persiapan pemeliharaan agar dalam pelaksanaan pemeliharaan nantinya lebih lancar dan memenuhi sasaran. Kegiatan pra pemeliharaan ini antara lain seperti : penyusunan program pemeliharaan, penyediaan peralatan dan bahan pemeliharaan sesuai dengan fasilitas obyek pemeliharaan, penyiapan lokasi seperti fondasi / lantai dan tata letak (lay-out) yang memadai, penyiapan sarana penunjang seperti : listrik,  air dan udara kempa, persiapan tenaga pelaksana pemeliharaan (organisasi) dan administrasi pemeliharaan.
Pemeliharaan Harian (Routine Maintenance) ialah pemeliharaan yang dilakukan setiap hari atau setiap mesin/peralatan/fasilitas dioperasikan atau digunakan.
Kegiatan yang dilakukan seperti :
  • Pencegahan beban lebih
  • Pencegahan korosi
  • Pelumasan bagi yang memerlukan
  • Keselamatan dan keamanan fasilitas
  • Kebersihan dan ketertiban
Kegiatan pemeliharaan harian ini biasanya dilakukan oleh operator.
Pemeliharaan Berkala (Periodic Maintenance) ialah pemeliharaan yang dilakukan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah diprogramkan. Pembuatan jadwal itu berdasarkan kepentingan perlakuan terhadap obyek pemeliharaan misalnya keperluan penggantian oli seharusnya berapa jam kerja, penyetelan ulang bagian-bagian yang bergerak setiap berapa bulan dan sebagainya.
Di dalam pemeliharaan berkala ini kita kenal adanya pemeliharaan wekly , monthly dan yearly, yang artinya sebagai berikut :
Weekly maintenance (Pemeliharaan mingguan) ialah pemeliharaan yang dilaksanakan seminggu sekali atau dua minggu sekali atau tiga minggu sekali.
Monthly maintenance (Pemeliharaan bulanan) ialah pemeliharaan yang dilakuka satu bulan sekali atau tiga bulan sekali (tiga bulanan) atau setiap enem bulan sekali (semesteran).
Yearly maintenance (Pemeliharaan tahunan)  ialah pemeliharaan yang dilakukan setiap tahun sekali atau dua tahun sekali.
Tetapi banyak juga pemeliharaan mesin / peralatan / fasilitas yang pelaksanaan pemeliharaannya berdasarkan jam kerja misalnya penyetelan-penyetelan bagian-bagian yang bersambung atau bagian-bagian yang bergerak dilaksanakan setiap 1000 jam kerja, penggantian oli setiap 2000 jam kerja, servis besar (overhaul) setiap 4000 jam kerja dan sebagainya.
Pemeliharaan berkala ini biasanya dilaksanakan oleh teknisi pemeliharaan.
Perbaikan ringan (Light repairing) ialah perbaikan-perbaikan dari kerusakan ringan termasuk yang ditemukan pada waktu pengecekan (pemeliharaan berkala) yang perbaikannya cukup dengan penggantian komponen (replacement) dan tidak memerlukan waktu dan biaya tinggi.
Perbaikan medium (Medium repairing)  ialah perbaikan-perbaikan dari kerusakan akibat aus atau akibat kecelakaan yang perbaikannya memerlukan pembetulan komponen dengan biaya yang lebih tinggi dan waktu kerja yang lebih lama.
Servis besar (Overhaul)  ialah perbaikan total akibat ke ausan (lama pemakaian) dengan pembetulan-pembetulan maupun penggantian komponen. Perbaikan atau overhaul ini biasa dilakukan oleh teknisi dan / atau teknisi ahli,sedangkan untuk mencapai hasil yang optimal perlu kiranya menganut suatu sistematika perbaikan yang yang telah ditentukan
Perbaikan darurat (Emergency repairing)  ialah perbaikan dari kerusakan akibat kecelakaan yang perbaikannya bersifat sementara untuk menunggu perbaikan yang sempurna atau langsung diperbaiki secara sempurna.
Di dalam sistem pemeliharaan ini ada pula istilah-istilah yang sering digunakan seperti :
Running maintenance ialah pemeliharaan suatu mesin / peralatan / fasilitas dalam keadaan bekerja atau dioperasikan / digunakan.
Shut down maintenanceialah  pemeliharaan suatu mesin / peralatan / fasilitas  yang mana mesin / peralatan / fasilitas tersebut harus diberhentikan / tidak dipergunakan , karena tidak mungkin dilakukan pemeliharaan bila mesin / peralatan / fasilitas dalam keadaan bekerja / dipergunakan .
Lack of maintenance ialah kekurangan atau kelemahan dalam pemeliharaan atau disebut juga pemeliharaan yang tidak baik.

Predictive maintenance atau pemeliharaan prakiraan ialah kegiatan pemeliharaan yang memperkirakan umur atau masa pakai efektif dan efisien suatu komponen sehingga orang dapat memperkirakan kapan komponen tersebut harus mendapat perlakuan pemeliharaan.
Perbaikan  (Repair fault) ialah suatu tindakan terhadap mesin / peralatan / fasilitas yang mengalami kerusakan untuk mengembalikan kepada kondisi semula agar fasilitas tersebut dapat berfungsi kembali. Dengan demikian perbaikan ini dapat dikatakan merupakan bagian dari pemeliharaan secara umum.
Diagnose Kerusakan atau disebut juga Fault Finding ialah kegiatan untuk mencari atau menemukan kerusakan (bagian yang rusak) pada fasilitas yang mengalami gangguan.
Untuk dapat melaksanakan diagnose kerusakan biasanya teknisi dibantu oleh :
  • Informasi dari operator
  • P K yaitu petunjuk kerja dari buku operations manual.
  • P P yaitu petunjuk pemeliharaan dari buku maintenace manual.
  • K M yaitu kartu mesin yang merupakan catatan perbaikan sebelumnya (maintenance record).
Analisis perbaikan ialah kegiatan yang dilakukan setelah kerusakan atau gangguan ditemukan yaitu mengadakan pemeriksaan bagian-bagian yang rusak,memperhitungkan dan merencanakan pelaksanaan perbaikan.
Di dalam kegiatan analisis perbaikan ini ada kegiatan dismantling atau pembongkaran maksudnya ialah mesin / peralatan / fasilitas yang telah dinyatakan rusak dibongkar untuk dicari bagian-bagian yang rusak. Kemudian bagian-bagian atau komponen yang rusak tersebut diperiksa sejauh mana atau separah apa kerusakan itu terjadi. Untuk pembongkaran dan pemeriksaan ini diperlukan alat-alat atau bahkan alat khusus ( AL ) dan juga teknisi ( T ) atau bahkan teknisi ahli ( TA ).
Perhitungan perbaikan maksudnya ialah setelah kerusakan komponen diperiksa dan telah nyata jenis kerusakannya kemudian dipertimbangkan jenis perbaikan apa yang dipilih termasuk diperhitungkan biaya perbaikannya.
Jadwal perbaikan ialah pembagian dan penetapan waktu perbaikan setiap komponen yang pelaksanaan perbaikannya mungkin ditangani oleh beberapa teknisi di beberapa bengkel pula. Komponen yang satu dan yang lain penyelesaian perbaikannya harus sesuai dengan jadwal agar pada waktu perakitan kembali semuanya sudah siap.
Proses Perbaikan ialah pelaksanaan perbaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh bagian perencanaan ( maintenance engineering ). Pelaksana perbaikan ini tentu disesuaikan dengan tingkat kesulitan perbaikannya, misalnya untuk perbaikan-perbaikan kerusakan yang tidak terlalu rumit mungkin cukup dengan teknisi biasa tetapi bila untuk perbaikan dari kerusakan yang cukup rumit mungkin perlu teknisi khusus atau teknisi ahli. Pelaksanaan perbaikannya pun mungkin di bengkel sendiri atau munkin juga di bengkel luar yang sesuai dengan jenis perbaikan yang dikehendaki.
Penyetelan dan pemeriksaan ialah proses penyatuan atau perkitan kembali setelah semua komponen yang diperbaiki selesai. Pemeriksaan hasil penyetelan / perakitan biasanya dilakukan oleh Supervisor perbaikan .
Uji Perbaikan ialah pengujian hasil perbaikan untuk menyatakan bahwa perbaikan telah selesai dan hasilnya merupakan mesin / peralatan / fasilitas yang telah baik kembali  hingga dapat difungsikan lagi.
Ada beberapa jenis pengujian yang harus dilakukan terhadap hasil perbaikan ini yaitu :
  • Uji tampak maksudnya ialah mesin / peralatan / fasilitas yang telah selesai diperbaiki perlu dilihat secara visual apakah sudah tampak rapi, tertib dan sempurna rakitannya.
  • Uji geometrik ialah pengujian komponen mekanik seperti kerataan permukaan, kesentrisan putaran, kesikuan, kedataran dan sebagainya. Uji geometrik ini perlu dilakukan untuk meyakinkan kesempurnaan perakitan, karena apabila komponen mekanik tidak dipasang dengan sempurna maka jalannya mesin / peralatan / fasilitas akan tidak normal yang mengakibatkan laju kerusakan mesin semakin cepat.
  • Uji fungsi ialah menguji semua bagian yang bergerak apakah bagian-bagian tersebut telah berfungsi sebagaimana mestinya. Caranya ialah semua bagian yang bergerak dijalankan tanpa beban dan diamati satu per satu.
  • Uji jalan atau uji coba ialah pengujian terhadap mesin / peralatan / fasilitas setelah selesai diperbaiki yaitu dengan cara menjalankan mesin hingga beban penuh.
Pengujian perbaikan ini dilakukan oleh bagian quality assurance dan pengujiannya akan selalu mengacu pada test standar dan buku petunjuk kerja (operation manual).

Setelah selesai pelaksanaan pengujian perbaikan ini berarti mesin / peralatan / fasilitas telah kembali baik dapat berfungsi kembali maka proses selanjutnya adalah penyerahan ke line produksi pemakai fasilitas tersebut atau ke pelanggan yang memanfaatkan jasa perbaikan kita
 
PERAWATAN TRUCK DAN TRAKTOR RODA
Perawatan / pemeliharaan terhadap semua unit kendaraan yang beroda sangat penting sekali. Mengingat bahwa kendaraan – kendaraan tersebut harus operasi untuk pengangkutan produksi, sebelum mengalami kerusakan harus tetap mendapat perhatian. Dengan memperbaiki kerusakan – kerusakan kecil sedini mungkin maka kerusakan – kerusakan fatal akan dapat dihindarkan. Perawatan / pemeliharaan unit transport ini kami bagi dalam tiga bagian.
  1. Doorsmer
  2. Reparasi
  3. Pemeliharaan oleh pengemudi
1-Doorsmer
Jadwal / waktu untuk doorsmer setiap minggu telah ditentukan pada awal bulan untuk setiap unit kendaraan. Masing – masing kendaraan tersebut telah diberi nama seperti Sn I/ III, Rb II / IV, St II/III yang maksudnya bahwa kendaraan tersebut harus doorsmer pada hari senen minggu I dan senen minggu ke III, yang lainnya pada hari rabu minggu ke II dan rabu minggu ke IV dan demikian selanjutnya. Jarak doorsmer satu I dengan ke II diperhitungkan ± 15 hari setelah menempuh 2.500 – 3.000 Km. Jarak tempuh untuk 15 hari  diperkirakan 15 x 200 = 3.000 Km. Untuk traktor roda diperhitung ka operasi 10 jam / hari, jam yang tempuh untuk jalan doorsmer ± 150 jam bila :
  1. Jalan / Medan yang ditempuh kendaraan tersebut tidak baik (kotor dan berdebu)
  2. Jarak tempuhnya dekat atau sering berhenti. Jam yang ditempuh untuk jadwal doorsmer ± 150 jam. Bila waktu mengijinkan, setiap hari kendaraan – kendaraan tersebut harus dicuci.  Tetapi kemungkinan waktu untuk pekerjaan tersebut tidak ada, karena tersita untuk transport buah. Tetapi sewaktu doorsmer, setiap kendaraan harus dicuci bersih baru dilayani untuk doorsmer (  ganti olie, filter, dan lain – lain ). Petugas untuk doorsmer ini telah ditentukan. Olie mana yang dipercayakan untuk tugas tersebut membuat bon olie dan filter yang diperlukan. Pekerjaan ini diawasi oleh kepala maintenance yang telah benar  - bener dapat dipercayai  untuk pelaksanaannya. 
  3. Pada saat doorsmer yang pertama, hal – hal yang harus dikerjakan adalah :
     Mesin
  • Periksa air pendinginan.
  • Periksa banyaknya elektrolit battery.
  • Periksa kekencangan tali kipas.
  • Ganti olie mesin.
  • Ganti olie pada saringan udara atau bersihkan elemennya.
  • Lumasi diapragma governor.
  • Stel putaran idling dan saat injeksi.
  • Bersihkan elemen saringan bahan bakar.
     Chassis  dan body
  • Periksa gerak bebas pedal kopling, rem dan gerakan rem tangan.
  • Periksa minyak kopling  dan minyak rem.
  • Periksa slang – slang, pipa – pipa  dan sambungan – sambungan yang kemungkinan bocor.
  • Lumasi chassis.
  • Rotasikan  roda – roda.
  • Periksa tekanan angin ban.
      d. Dan pada doorsmer yang selanjutnya hal – hal yang harus dikerjakan ialah :
     Mesin
  • Ganti air pendingin.
  • Periksa battery.
  • Periksa tali kipas.
  • Ganti olie.
  • Lumasi pompa air.
  • Periksa slang – slang dan pipa – pipa berikut sambungan –  sambungannya.
  • Ganti saringan olie.
  • Periksa pembatas pengambilan udara  ( air intake shutter ).
  • Ganti olie saringan udara atau elemen saringan udara.
  • Ganti elemen saringan bahan bakar.
  • Periksa saringan pompa penyalur ( feed pump ).
  • Periksa tutup tanki bahan bakar, slang – slang, pipa – pipa bahan bakar dan sambungan – sambungan.
  • Kencangkan baut – baut / mur – mur.
  • Periksa sistem pemanas awal ( glow – plug ).
  • Stel celah katup.
  • Periksa saat injeksi.
  • Periksa nozzle dan lumasi.
  • Periksa  putaran idling.
  • Ganti diapragma  governor.
  • Chasis dan Body
  • Periksa sistem  kopling ( pedal, master, pipa –pipa  dan minyak kopling ).
  • Periksa sistem  rem  ( pedal, slang, pipa, sepatu dan minyak rem  kerja booster dan saringan udaranya ).
  • Periksa suspensi depan dan belakang.
  • Periksa olie bak gigi kemudi.
  • Lumasi chasis.
  • Periksa oli transmisi,  transfer ( bj ) dan differential.
  • Ganti gemuk bantalan roda.
  • Lumasi poros propeller.
  • Kencangkan baut – baut / mur – mur pada chasis dan body.
  • periksa gerakan roda kemudi dan lengan lengan                                                penghubungnya.                                                                                                                                                                      
  • Periksa bekerjanya semua alat – alat kelistrikan.
  • Periksa tekanan angin ban.
  • Rotasikan roda – roda
Dibawah ini  kami gambarkan secara sistematis pekerjaan – pekerjaan doorsmer  servis  awal bulan ( minggu I ) dan tengah bulan  ( minggu ke III ).
  • Minggu I pada jarak  ± 2.500 KM   atau  ± 150 jam
  • Minggu III pada jarak ± 5.000 km atau ± 300 jam
Operasi perawatan : P = periksa, S = Stel, G = Ganti, K = Kencangkan, L = Lumasi
Periode service
doorsmer
I (± 2.500 km)
II (±5.000 km)
I (7.500 km )
I (±  150 jam)
II (± 3.000 jam)
I (±450 jam)
M  E  S  I  N
A
1
Air pendingin
p
p
p

2
Battery
p
p
p

3
Pompa air ( 2D)
p
p
p

4
Tali kipas
p/s
p/s
p/s

5
Diaprahma governor pompa inj
p
p
p

6
Saringan olie sentrifugal
p
p
p

7
Olie mesin
g
g
g

8
Saringan olie / olie filter
p
g
p

9
Saringan udara
p
p
p

10
Pipa-pipa saluran minyak
p
p
p

11
Elemen / fuel filter
g
p
g

12
Saringan pompa penyalur
p
p
p
C H A S I S / B O D Y
B
13
Pedal kopling rem dan rem tangan
p
p
p

14
Minyak rem / kopling
p/t
p/t
p/t

15
Rem muka / belakang
p
p
p

16
Olie transisi / gardan
p
p
p

17
Sistem kemudi
p
p
p

18
Lumasi chasis / niple
p/l
p/l
p/l

19
Tekanan angin ban
p
p
p

20
Olie bak gigi kemudi
p
p
p

21
Gemuk bantalan roda / bearing
p
p
p

22
Poros propeller
p/l
p/l
p/l

23
Baut-baut roda  /mur chasis
p/k
p/k
p/k

24
Alat-alat listrik
p
p
p

25
Sistem hydraulick
p/l
p/l
p/l







Khusus untuk truck jenis tipper, ada pelumasan 2 x 1 minggu terhadap semua nipple pada system hydraulicknya. Truck tipper yang baru operasi 3 bulan, diadakan penggantian minyak hydraulick dari dalam hoist cylinder 1 x setahun. Pekerjaan doorsmer ini akan memakan waktu 4 – 5 jam, diusahakan pada waktu tersebut, segala persoalan – persoalan / kekurangan – kekurangan kecil dapat dikerjakan secara tuntas.
2-REPARASI
Ruang atau bengkel untuk reparasi sudah tersedia dengan baik. dalam rungan tersebut, pekerjaan resparasi sudah dapat dikerjakan pada waktu siang hari, malam dan pada hari hujan. Fasilitas alat – alat atau sarana – sarana untuk pekerjaan reparasi di bengkel motor diusahakan semaximal mungkin seperti kunci – kunci, bais, grenda, bor listrik dan lain – lain. Semenjak Agustus 1983, pekerjaan general overhaul engine dikerjakan ditempat. Beberapa alat seperti Crankshaft, blok mesin, injecktie  pom yang menghendaki reparasi / bubut dan lain – lain, dikirim ke bagian teknik / tenol untuk pelaksanaan perbaikannya  di medan. Sepeda motor yang digunakan asisten lapangan, perawatan / reparasinya dikerjakan dibengkel ini juga.
3-PEMELIHARAAN  OLEH  PENGEMUDI
Untuk menjaga daya tahan atau ”  life  time  ” dari seluruh unit kendaraan ini, faktor pengemudi memegang peranan penting. Setiap pagi sebelum kendaraan dihidupkan, para pengemudi harus memeriksa : air pendingin mesin / radiator, olie mesin, air batery, minyak rem dan tali kipas. Secara insidentil, para asisten harus mengontrol hal – hal tersebut. Tanpa perintah dari kepala perawatan / maintenance, pencucian kendaraan sudah dilaksanakan pada sore hari bila waktu masih tersedia ( antara jam 18 – 19 ). Para pengemudi harus dibina / diarahkan untuk mengoperasikan kendaraannya dengan baik dan tetap memperhatikan rambu – rambu jalan. Kepada mereka diberikan petunjuk – petunjuk mengemudikan kendaraan tersebut dijalan umum, dijalan kebun, dan tetap diingatkan juga situasi / kondisi jalan yang dilaluinya. Untuk membawa muatan / beban, jangan sampai terjadi unsur pemaksaan kapasitas yang diizinkan maksimal 5 ton / kendaraan kepada para pengemudi ditekankan, harus mengisi daftar perjalanan car-log op-Tr 01 setiap hari dan menyerahkannya setiap pagi kepada Asisten untuk kontrol kebenaran dan pengesahannya.
MAINTENANCE UMUM
  • Semua kendaraan yang dioperasikan kelapangan harus dalam kondisi baik / sehat.
  • Kendaraan – kendaraan yang di poolkan di pabrik ataupun yang berpangkalan di Divisi, perawatan / pemeliharaannya adalah tanggung jawab kepala urusan Traksi / Teniker I.
  • Pelaksanaan dari jadwal doorsmer / service yang telah ditetapkan sesuai dengan nama / kode dari masing – masing kendaraan harus dilaksanakan dengan konsisten.
  • Semboyan dari maintenance / perawatan terhadap semua kendaraan yang bergerak : ” Kerusakan yang kecil jangan diabaikan, karena sudah pasti mengakibatkan kerusakan / kerugian yang besar ”.
Tukang, pembantu tukang, olie man yang bekerja untuk perawatan / pemeliharaan kendaraan – kendaraan tersebut, haruslah mempunyai pengalaman, ketrampilan dan dedikasi yang baik terhadap perusahaan. Kepada mereka harus diberikan bimbingan, pengarahan yang positif agar ” Life time ” dari apa yang dikerjakan mereka dapat dipertanggung jawabkan.


BAJA RINGAN


BAJA RINGAN


Baja ringan saat ini sudah menjadi bahan alternatif rangka atap yang paling digandrungi saat ini. Selain awet, anti rayap juga tahan karat. Menjadikan bahan ini sebagai primadona baru menggantikan bahan kayu untuk atap. Namun berbagai nilai tambah tersebut baja ringan ternyata tak diimbangi dengan edukasi yang benar. Masyarakat terlanjur terjebak pada pandangan bahwa semua produk baja ringan memiliki kualitas yang sempurna. Tak peduli kualitas kekuatan dan spesifikasi yang berbeda antar produsen. Bahkan, sistem pemasangan diabaikan, termasuk aplikator dilapangan.
Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional.  Ada bebarapa macam baja ringan yang dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya ( tensile strength ). Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut. Karena tingkat kualitas dan kuat tarik tinggi, baja ringan lebih tipis dan ringan dibandingkan baja konvensional. Baja G550 bisa diartikan sebagai baja yang mempunyai kuat tarik 550 Mpa (Mega Pascal).  Dipasaran material ini mempunyai ketebalan berkisar antara 0,20 – 2,00 mm. Variasi ketebalan ini ditentukan oleh fungsi, sebarapa besar beban yang ditopang dan ukuran bentang baja itu sendiri. Ketebalan yang lebih kecil dibanding dengan baja konvensional dengan tujuan untuk mengurangi beban struktur bangunan. Kuda-kuda baja ringan mempunyai ketebalan antara 0,45 – 1,00 mm. Berbeda dengan kolom yang akan menopang beban yang lebih besar, ketebalannya kisaran antara 1,00 -2,00 mm (profil C)
Seiring dengan perkembangan zaman, struktur sipil dituntut untuk menjadi lebih berkualitas disegala aspek. Salah satu aspek yang mendapat banyak perhatian adalah aspek material yang digunakan oleh para pengguna suatu struktur bangunan. Banyak rekayasa yang telah digunakan hanya untuk memenuhi kebutuhan aspek ini. Melihat kebutuhan material tersebut, baja menjadi material yang banyak dipilih karena keekonomisannya dan kekuatan yang mampu disediakannya. Baja merupakan salah satu material bangunan yang banyak digunakan selain beton dan kayu.
Baja sebagai salah satu dari material bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan material lain. Oleh karena itu, seringkali dalam penggunaannya, material baja digabungkan dengan material lain untuk menutup kelemahan masing-masing material. Melihat kekurangan dari ketiga material tersebut, untuk rangka atap akhir akhir ini digunakan struktur rangka atap baja ringan.
Baja ringan merupakan material yang dibentuk dalam kondisi dingin (cold-formed steel) dengan ketebalan berkisar antara 0,4 mm hingga 3,0 mm. Karena ketebalan yang tipis, maka baja ringan yang dipakai untuk keperluan struktural harus dibuat dari baja mutu tinggi, sehingga mempunyai ketahanan yang cukup untuk menerima beban struktur.Berbeda dengan baja konvensional, baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel).Rangka Atap Baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan dan konstruksi. Meskipun tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa. Kekuatan tarik dan tegangan ini untuk mengkompensasi bentuknya yang tipis. Ketebalan baja ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4mm – 1mm (Theodolite).Perhitungan kuda-kuda baja ringan amat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat (Equipment Kitchen). Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak kuda-kuda semakin pendek. Misalnya untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda-kuda bisa dibuat setiap 1,4m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda-kuda menjadi 1,2m. 

Kenapa harus dipakai rangka baja ringan ???



Kelebihan :
  • Karena bobotnya yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih   rendah (jadi lebih irit strukturnya)
  • Baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible).
  • Tidak bisa dimakan rayap (memangnya rayap makan baja…?.)
  • Pemasangannya relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu.
  • Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin (itu kata aplikatornya lho).
Kekurangannya :
  • Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon.
  • Karena strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan (biasanya perhitungan strukturnya langsung dilakukan oleh structural engineer dari aplikatornya)
  • Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil.
  • Mutu dan Kualitas dari struktur atap baja ringan kurang terjamin.
Standar pemasangan baja ringan memang sangat penting. Material ini menjadi kokoh karena sistem kesatuan bukan material yang berdiri sendiri. Pemahaman ini yang sering dilupakan oleh pemilik rumah. Atas harga murah, mereka cenderug membeli batangan baja ringan bukan sistem terpasang. Akibatnya, tidak ada pengawasan bahan, aplikator hingga pemasangan dilokasi proyek. Berikut hal-hal yang penting untuk diketahui mengenai baja ringan:
1. SISTEM KESATUAN
Atap baja ringan itu sistem kesatuan, bukan hanya berbicara tentang satu batang. Kunci kekuatan pada integrasi tiap batang yang terkoneksi dengan sambungan secara utuh. Saat terjadi kesalahan kecil pada batang atau sambungan akan berimbas keseluruh atap. Satu bagian tertarik maka bisa rubuh semua. Tentu perhitungan dengan bantuan komputer dan software canggih jadi panduan utama, bukan sekedar berdasarkan pengalaman atau reka-reka.

2. JENIS PROFIL

Ada 3 jenis baja ringan yang dapat ditemui dipasaran indonesia. Profil head section (U terbalik denga kaki), profil C, dan profil Z. tiap profil mempunyai kelebiahan tersendiri dengan dengan sambungan yang berbeda pula. Profil head section misalnya, memiliki kestabilan yang lebih baik karena mempunyai dua kaki sebagai penumpu. Sambunganya berada pada dua sisi kaki. Untuk profil C cukup efisien secara bentuk dan aplikasinya. Harga yang ditawarkan pun lebih terjangkau.

3. LAPISAN ANTI KARAT

Salah satu komponen penting dalam baja ringan adalah lapisan anti karat (coating). Jenis pelapis yang digunakan berbeda-beda tiap merek. Ada yang berupa galvanis (zinc), galvanum, zincalume (kombinasi zinc, alumunium, dan silikon) dan ZAM ( zinc, alumunium, dan magnesium). Perbedaan campuran mempengaruhi ketahanan akan zat lain seperti garam, larutan asam, dan larutan basa. Setiap jenis juga punya ketebalan tersendiri. Umumnya ketebalan yang dipakai 100-150gr/m2 atau sering ditulis dengan kode AZ100 (menyesuaikan kadar ketebalan). Namun untuk baja ringan yang dijual lepasan/ketengan angka AZ umumnya tak lebih dari 100. Semakin tipis lapisan, semakin mudah lapisan antikarat rusak. Baja ringan pun mudah terkena korosi.

4. KEKUATAN

Pada dasarnya baja ringan merupakan lembaran baja dengan ketebalan berkisar 0,65-1 mm. Kekuatan yang dipersyaratkan adalah 550Mpa atau 550kg/m2. Dalam kemasan umumnya tertulis Hi tensile G550. Namun Anda perlu berhati-hati dengan kode yang tertera tersebut. Tak semua produk dengan kode G550 punya kekuatan yang sesuai. butuh uji lab untuk memastikan. Agar tak tertipu, gunakan produk baja ringan yang berkompeten dan terpercaya.

5. PENGGUNAAN SOFTWARE KOMPUTER

Untuk menghasilkan sistem kesatuan antar baja ringan yang utuh dan kokoh, butuh sistem perhitungan yang presisi. Perhitungan tak boleh berdasarkan perkiraan atau pengalaman. Perhitungan pembebanan harus berdasrkan komputerisasi yang minim kesalahan, yaitu menggunakan software khusus. Tiap produsen baja ringan telah mempunyai software sendiri untuk menghasilkan desain rangka yang paling efektif dan aman. Mulai dari bentuk rangka, ukuran sambungan hingga jumlah sambungan. Tentu disesuaikan dengan profil dan jenis rangka masing-masing. Agar perhitungan bisa tepat dan nihil kesalahan, dibutuhkan data-data kondisi rumah yang lengkap dan sesuai dengan kondisi riil.

6. SURVEY LOKASI

Proses survey sebelum pengaplikasian atap baja ringan bukan sekedar formalitas. Data yang didapat dari peninjauan kondisi rumah, berfungsi sebagai materi perhitungan software. Salah data bisa fatal akibatnya, biaya membengkak dan keselamatan jiwa terancam. Agar perhitungan semakin akurat, produsen akan membutuhkan banyak info. Mulai dari desain rumah secara keseluruhan, bentuk atap, layout ruangan,struktur bangunan, jarak tritisan hingga jenis penutup atap yang digunakan. Tak hanya itu, aksesoris tambahan seperti penempatan waterheater, solar panel, antena hingga lampu gantung juga diperlukan. Termasuk rencana pengembangan rumah dikemudian hari.

7. BEBAN TAMBAHAN

Jangan sepelekan beban tambahan saat ingin memasang baja ringan. Penambahan beban diluar perhitungan bisa berakibat fatal. Atap bisa runtuh atau gagal struktur. Konsistensi dengan data rencana awal juga penting. Misal pada perhitungan awal Anda hanya ingin memasang pemanas air dengan bobot 100 kg, namun kemudian hari berubah menjadi 200kg. Perubahan data akan mempengaruhi desain dan perhitungan  rangka atap. Imbasnya biaya yang dikeluarkan semakin besar. Konsultasikan telebih dahulu dengan teknisi bersertifikasi jika ada penambahan beban di luar rencana.

8. SAMBUNGAN

Sebuah sistem yang terintegrasi, sambungan antar rangka tak kalah penting. Umumnya sambungan menggunakan skrup dengan jumlah bervariasi sesuai dengan perhitungan. Namum umumya jumlah sambungan berjumlah 2 buah atau lebih. Selain sambungan antar baja, perhatikan pula sambungan antar baja dengan ringbalk. Untuk menjaga kestabilan, sambungan ke struktur rumah ini manggunakan dynabold. Sambungan harus menyambung dengan konstruksi beton, bukan bata atau kayu.

9. PANDUAN MEMASANG

Setelah proses perhitungan dan olah data oleh sotware baja ringan selesai maka akan muncul gambar kerja sebagai panduan untuk memasang ranga baja ringan. Gambar kerja ini berisi gambar penempatan sistem rangka, jenis dan panjang rangka hingga jumlah baut. Dari data tersebut baru teknisi bisa melakukan pemotongan, penyambungan hingga instalasi. di atap. Banyak detail data membuat gambar kerja hanya dapt diterjemahkan oleh teknisi bersertifikasi, bukan tukang. Pelaksana lapangan hanya memasang saat ada supervisi dari teknisi.

10. APLIKATOR VERSUS TUKANG

Meskipun pemasangan sambungan baja ringan cukup sederhana, namun percayakan pemasangan pada teknisi bersertifikasi. Kesalahan pemasangan bisa membuat baja robek dan melukai lapisan coating pelindung karat. Untuk memasang baja ringan juga tak menyoal pengalaman saja, namun kemampuan menterjemahkan gambar juga penting. Teknisi yang bersertifikasi tak melakukan improvisasi sal-asalan. Namun didasarkan pada perhitungan kalkulasi software. Pengukutan, pemotongan dan penyambungan semua berdasarkan gambar kerja.

11. BENTUK KUDA-KUDA

Jangan terpaku pada bentuk kuda-kuda konvensional, sekedar simetris. Bentuk kuda-kuda baja ringan mempunyai banyak variasi sesuai dengan hasil perhitungan software. Jangan heran jika bantuk rangka ada yang miring ke satu sisi. Bentuk kuda-kuda dengan sudut tak simetris umumnya mengakomodasi perbedaan pembebanan dalam satu atap misal pemasangan waterheater. Karena pembebanan berlebih pada satu bidang atap, maka ranga di sisi tersebut manjadi lebih rapat . Beban yang disalurkan lebih banyak. Selain beban berlebih, posisi layout ruangan dan ringbalk juga mempengaruhi. bentuk kuda-kuda menyesuaikan posisi sebagai tumpuan penyalur beban.

12. JARAK DAN BENTANGAN KUDA-KUDA

Salah satu keterbatasan baja ringan adalah jarak kuda-kuda yang rapat. Jarak idealnya 120 cm atau bisa bervariasi sesuai dengan perhitungan software, mulai dari 60cm -135cm. Jenis rangka ini jarang diekspos karena bentuk sistemnya yang rumit. Dari segi bentangan kosong (tanpa penyangga) rata-rata baja ringan mampu mancapai 8m -12m. Namun untuk bentangan 10m-12m cukup beresiko dan butuh penambahan ring balk. Penambahan balok baru akan mempengaruhi desain rangka atap keseluruhan.

13. JENIS PENUTUP ATAP

Pemilihan penutup atap untuk rangka baja ringan tak sekedar keindahan dan fingsi, tapi juga efisien  dan biaya. Semakin kecil ukuran genteng, semakin banyak reng yang harus dipasang. Imbasnya biaya bisa membengkak. Misal untuk genteng metal jarak rengnya 450cm dan genteng keramik 20cm, maka jumlah reng genteng keramik lebih banyak. Hal ini juga berlaku dengan bobot penutup atap. Semakin berat material semakin kuat ranga yang harrus menyangga. Hargapun ikut naik.

14. HARGA DAN BIAYA

Harga yang ditawarkan tiap produsen berbeda-beda sesuai dengan kualitas material dan perhutungan softwware yang mereka keluarkan. Dalam satu produsen juga tak ada harga tetap. Semua harga dan biaya dihitung berdasarkan perhitungan luas, ketinggian, kemiringan atap, dan jenis penutup yang dipakai. Umumnya harga sistem baja ringan berkisar Rp.130.000-Rp.300.000an termasuk pemasangan dan garansi. Anda juga dapat menyampaikan info mengenai dana yang Anda miliki sebagai panduan bagi produsen. Jadi produsen menyediakan berbagai alternatif desain atap yang efisien sesuai dengan dana yang Anda miliki.
15. GARANSI
Sebagai jaminan, sebagai produsen baja ringan memberikan garansi ketahanan atap. Waktu garansi berbeda-beda satu dengan yang lain. Umumnya diatas 10 tahun hingga 20 tahun. tapi ingat, garansi jadi tidak berlaku jika ada perubahan rangka atap tanpa pemberitahuan ke produsen dan teknisi terkait. Perubahan berupa penggantian penutup atap, penambahan aksesoris atau renovasi atap akan membuat perhitungan awal berubah. Imbasnya ketentuan desain awal yang digaransikan ikut berubah.
Demikian infonya......
Iklan Promosi .....sekalian


Untuk project bisa hubungi kami di :










MATERI SAFETY TALK

  Safety TalK/Briefing Pagi/P5M : Safety talk ialah sebuah cara agar mengingatkan perkerja yang mengenai pentingnya kesehatan serta kesela...